INFO TERBARU
SMP Negeri 1 Alian Kebumen
PENGUMUMAN
Daftar Penerima Peserta Didik Baru

Sambutan

SELAMAT DATANG
di SMP Negeri 1 Alian di SMP Negeri 1 Alian di SMP Negeri 1 Alian di SMP Negeri 1 Alian

Kebumen

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga SMPN 1 Alian berhasil membangun website.

Kami mengucapkan selamat datang di Website kami SMPN 1 Alian yang saya tujukan untuk seluruh unsur pimpinan, guru, karyawan dan siswa serta khalayak umum guna dapat mengakses seluruh informasi tentang segala profil, aktifitas/kegiatan serta fasilitas sekolah kami.

Kehadiran Website SMPN 1 Alian diharapkan dapat memudahkan penyampaian informasi secara terbuka kepada warga sekolah, alumni dan masyarakat serta instansi lain yang terkait.

Website merupakan pintu gerbang untuk memperoleh informasi tentang kegiatan sekolah, prestasi akademik maupun non akademik kepada orangtua/wali siswa, maupun masyarakat secara luas serta sebagai ajang komunikasi antara guru, siswa, alumni dan masyarakat.

Website juga dapat dijadikan sarana komunikasi antara sekolah dengan para alumni. Bahkan alumni dapat memanfaatkan website sekolah untuk koordinasi dan konsolidasi, sehingga terbentuk ikatan alumni yang semakin solid.

Semoga dengan kehadiran Website ini akan terjalin informasi, komunikasi antar alumni khususnya sebagai salah satu upaya sekolah mendapatkan informasi akan penelusuran tamatan/ alumni dimana saja berada. Dapat memperoleh informasi dengan cepat sehingga dapat mengikuti perkembangan dalam pengetahuan yang berkembang dengan cepat pula.

Kesiapan dari semua warga sekolah sangat besar artinya bagi keberadaan website tersebut, sebab tanpa kesiapan partisipasi dan dukungan dari warga sekolah maka keberadaan website tersebut akan tidak ada gunanya.

Sehubungan dengan hal tersebut maka semua warga sekolah mari untuk belajar lebih giat lagi menggunakan komputer dan internet, agar dapat meng-akses segala informasi yang berhubungan dengan sekolah dan pengetahuan di internet.

Untuk itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang mendukung launchingnya website ini, terutama kepada TIM ICT SMPN 1 Alian yang selalu berusaha meningkatkan layanan ICT-nya. Demikian dan terima kasih. Selamat bekerja,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepala Sekolah SMPN 1 Alian
AKHMAD MITRAWAN, S.Pd., M.Pd.

Sejarah

SMP Negeri 1 Alian beralamat di Jalan Pemandian Nomor 146 Kebumen tepatnya di Desa Krakal Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Sekolah ini merupakan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri pertama di Kecamatan Alian, berdiri pada tahun 1979 di atas tanah milik Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen seluas 13.474 m² dengan status hak pakai. Lokasi sekolah berada di jalan raya yang menghubungkan kota kebumen dengan obyek wisata Pemandian Air Panas dan Pasar Indrakila Alian, tepatnya di depan Kantor Kepolisian Sektor (POLSEK) dan Kantor Komandan Rayon Militer (DANRAMIL) Alian.

SMP Negeri 1 Alian berada di pusat Kota Kec. Alian, sehingga mudah dijangkau dari berbagai arah. Berdasarkan keterangan dari Kepala SMP Negeri 1 Alian yang menjabat periode kedua yaitu Slamet Hs, BA dan informasi dari komite sekolah, rintisan SMP Negeri 1 Alian ini dimulai pada tahun 1955 dengan nama SMP Indrakila. Pada awal berdirinya itu Kepala Sekolahnya bernama Nahrowi. Situasi dan kondisi negara pada waktu itu yang tidak kondusif untuk penyelenggaraan pendidikan, tepatnya pada tahun 1957 SMP Indrakila ini dibubarkan. Awal tahun 1972 di wilayah Kecamatan Alian berdiri lagi SMP dengan nama SMEP (Sekolah Menengah Ekonomi Pertama) dengan Kepala Sekolah Hasyim. Usia sekolah ini juga tidak berlangsung lama. Setelah menamatkan siswa pertama, tahun 1975 SMEP ini digabung denga SMP Tamtama Kebumen. Berbagai kendala terutama berkaitan dengan keterbatasan dana, sarana dan prasarana menjadi pertimbangan rasional penggabungan SMEP ini.

Beberapa tahun berikutnya, tepatnya tahun 1976 berdiri SMP PEMDA Alian, sebagai persiapan SMP Negeri yang pertama di kecamatan Alian. Pada tahun 1976 para tenaga kependidikan membentuk kepanitiaan sebagai persiapan pendirian SMP Negeri Alian. Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0188/O/1979 tanggal 3 September 1979 nama SMP Negeri Alian ditetapkan secara resmi, dan memulai tahun pelajar untuk pertama kalinya tahun 1978/1979. Perubahan nama SMP Negeri Alian menjadi SMP Negeri 1 Alian sejak adanya pendirian SMP Negeri 2 Alian di desa Poncowarno yang sekarang menjadi SMP Negeri 1 Poncowarno, sebagai konsekuensi pemekaran wilayah kecamatan Alian. Status Terakreditasi A ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Kabupaten Kebumen Nomor 28/BAS.DA/KEP/XII/2005 tanggal 24 Desember 2005, dan bertahan pada dua kali akreditasi berikutnya. Sedangkan status SSN (Sekolah Standar Nasional) diperoleh pada tahun 2008 berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Pembinaan SMP-Dirjen Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor 036/C3/DS/2008 pada waktu Kepala Sekolah dijabat oleh Ibu Wihardiningsih, S.Pd. Berdasarkan data sekolah, menunjukkan bahwa SMP Negeri 1 Alian telah mengalami sepuluh (10) kali pergantian Kepala Sekolah.

Berikut nama-nama Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Alian berdasarkan kurun waktunya hingga sekarang.

1. Bagyo Sutarman: 01-03-1980 s.d. 25-02-1986
2. Slamet Hs, BA: 01-03-1986  s.d.  31-03-1989
3. Sutari Suhadi: 01-04-1989  s.d.  31-01-1993
4. Paulus Sugiharto: 01-02-1993  s.d.  31-01-1996
5. Drs. Martoyo: 01-02-1996  s.d.  01-10-2002
6. Drs. Muchlasin SW: 01-11-2002  s.d.  01-08-2003
7. Drs. Sumeri: 04-08-2003  s.d.  10-09-2003
8. Wihardiningsih, S.Pd: 11-09-2003  s.d.  11-09-2011
9. Drs. Suharsono, M.Pd: 30-12-2011  s.d.  28-12-2015
10. Dra. Murilah, S.Pd: 30-12-2015  s.d.  30-12-2019
11.Akhmad Mitrawan, S.Pd., M.Pd.: 30-12-2019  s.d.  sekarang

a.    Bunga teratai berwarna merah dengan 8 helai kelopak bunga

 

Teratai merah melambangkan melambangkan keindahan dan keterbukaan. Delapan (8) helai kelopak bunga melambangkan jumlah kompetensi kepribadian (karakter) yang dibangun selama siswa mengikuti pendidikan, sehingga menghasilkan lulusan (output) yang memiliki delapan (8) watak alam (Hasta Brata) yaitu :

 

 1.   Watak Surya (Matahari)

 

Panas penuh energi

Memiliki semangat, energi dan gairah untuk bertindak produktif, efektif efisien.

 

 2.   Watak Candra (Bulan)

 

Indah dalam kegelapan

Mampu memberi pencerahan saat dalam kegelapan, serta mampu membuat perasaan   senang dan tenang.

 

3.    Watak Kartika (Bintang)

 

Berkerlip dalam kegelapan

Memiliki idealisme yang tinggi, mampu bersikap teguh, jujur dan disiplin serta menjadi penunjuk arah /panutan.

 

4.    Watak Maruto (Angin)

 

Sejuk dan lembut

Memiliki watak kelembutan dan kasih sayang, tidak pilih kasih serta mampu memberikan  solusi pada setiap permasalahan, sebagaimana angin selalu berusaha mengisi ruangan kosong.

 

5.    Watak Dahana (Api)

 

Panas dan tegas;

Memiliki prinsip yang tegas, memberikan hukuman dan sangsi kepada yang bersalah, memberikan penghargaan kepada yang berprestasi, sebagaimana api membakar apa saja kecuali air dan logam mulia.

 

6.    Watak Angkasa (Langit)

 

Luas tak bertepi

Memiliki wawasan yang luas dan dapat menjadi pengayom/ pelindungi bagi sesama

 

7.    Watak Samodra (Laut)

 

Bergerak sepanjang masa

Dinamis, tak berhenti berkreasi, mampu menerima segala macam saran dan kritik dengan lapang dada.

 

8.    Watak Bantala (Bumi)

 

Tempat berpijak

Rendah hati, sabar dan kreatif: mampu menghadapi segala masalah dengan kesabaran, pikiran dan hati jernih ketika mengambil keputusan, serta mampu memberikan harapan dan tumbuhnya kreatifitas, kreatif dalam mengatasi masalah, sebagaimana bumi menjadikan kotoran menjadi sumber makanan bagi tumbuhan.

 

b.   Lingkaran Warna Biru Muda bertuliskan “Gandaning Pandhita Arumning Tyas “

 

Lingkaran merupakan lambang kebulatan tekad, yaitu tekad untuk menjadi orang yang berilmu dan beriman taqwa, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa.

 

Warna biru adalah lambang kesejukan, keteduhan dan kedamaian serta kekeluargaan

 

c.   Sayap burung merpati berwarna putih dengan lima helai bulu

 

Sayap bermakna bahwa SMP Negeri 1 Alian berkewajiban mengantarkan rakyat menuju kejayaan sebagai bagian bangsa yang terdidik, maju dan modern yang dilakukan atas dasar ketulusan budi (keikhlasan) dalam mengabdikan diri “ mencerdaskan kehidupan bangsa “ untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional.

 

Bulu lima (5) menggambarkan semangat dan dinamika yang memanivestasikan sepak terjang, sikap dan cara berfikir yang dijiwai oleh nilai-nilai luhur Pancasila yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Permusyawaratan dan Keadilan.

 

d.    Sebuah Obor Menyala

 

Bermakna bahwa SMP Negeri 1 Alian memiliki semangat yang menyala-nyala/berkobar-kobar dan tak kunjung padam dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah, sehingga eksis dan efektif sebagai penyuluh/penerang dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

e.   Pita Merah Putih

 

Bermakna bahwa dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah selalu berpegang teguh pada cita-cita dan semangat kebangsaan dan kebhinekaan, keberanian dan kebenaran, kesucian demi mewujudkan kejayaan bangsa dan Negara Republik Indonesia.

 

Tulisan Spin’s_One adalah nama “Budaya kerja dan Budaya belajar” SMP Negeri 1 Alian yang merupakan perwujudan dari motto:

a)  Spiritual/agama (landasan moral);

b)  Prestasi dan prestise (motivasi langkah);

c)  Ikhlas (tujuan akhir);

d)  Normatif (tutur kata, sikap, dan perilaku);

e)  Sportif (dijunjung tinggi);

f)   Optimis (gerak langkah);

g)  Nasionalis (jiwanya)

h)  Edukatif (pribadian).

 

f.     Gambar Buku Berwarna Kuning Emas

 

Lambang Ilmu Pengetahuan, yang menunjukkan bahwa kegiatan pendidikan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menimba ilmu pengetahuan sesuai dengan laju perkembangan teknologi, sehingga dapat menjadi bangsa yang besar dan beradab (mulia).

VISI & MISI

Visi

Mewujudkan warga sekolah “Beriman, Bernurani, Berprestasi, dan Berwawasan Lingkungan”.

 

Indikator ketercapaian visi SMP Negeri 1 Alian adalah sebagai berikut:

 

Tertanamnya Nilai-nilai agama sebagai cermin keimanan dan ketakwaannya.

 

Terwujudnya warga sekolah yang memiliki karakter jujur, demokratis, bertanggung jawab, cerdas, cinta tanah air, dan mencintai budayanya.

 

Terselenggaranya pembelajaran dan bimbingan konseling yang efektif, efisien, dan berkualitas, serta terintegrasi pendidikan lingkungan hidup, pendidikan anti korupsi, dan responsif jender.

 

Mampu berprestasi dan bersaing dalam menghadapi tantangan hidup secara global.

 

Tersedianya sarana dan prasarana belajar yang berkualitas dan memadahi.

 

Tersedianya tata kelola organisasi dan kelembagaan yang transparan, kredibel, dan akuntabel serta profesional.

Terjalinnya partnership kelembagaan, baik pada tingkat lokal, regional, nasional maupun global.

 

Terlaksananya kegiatan pelestarian lingkungan hidup berbasis kemitraan dan partisipatif.

 

Terwujudnya lingkungan yang ASRI (aman, sehat, ramah dan indah).

 

Terlaksananya kegiatan pencegahan terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan.

Misi

Menanamkan dan menerapkan nilai-nilai agama sebagai cermin keimanan dan ketaqwaan.

 

Membangun warga sekolah yang memiliki karakter jujur, demokratis, bertanggung jawab, cerdas, cinta tanah air, dan mencintai budayanya.

 

Mewujudkan proses pembelajaran dan bimbingan yang efektif, efisien, dan berkualitas, serta terintegrasi pendidikan lingkungan hidup, pendidikan anti korupsi, dan responsif jender bagi peserta didik.

 

Membimbing peserta didik untuk berpartisipasi akademik dan non akademik sehingga mampu menghadapi tantangan jaman dan bersaing baik pada tingkat regional, nasional, maupun global.

 

Mewujudkan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai dan berstandar nasional.

 

Menerapkan sistem “management mutu terpadu” yang transparan, kredibel, dan akuntabel serta profesional.

 

Menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan berbagai lembaga pendidikan, keagamaan, dan pariwisata, baik pada tingkat lokal, regional, nasional, maupun global.

 

Mengembangkan kegiatan pelestarian lingkungan hidup berbasis partisipatif dan kemitraan.

 

Mewujudkan lingkungan sekolah yang ASRI (aman, sehat, ramah dan indah).

 

Mengembangkan kegiatan pencegahan terjadinya pencemaran dan/ atau kerusakan lingkungan.

Struktur Organisasi

Profile